Rabu, 17 Desember 2014

Tokopedia Dorong UMKM Berkembang Dengan Bisnis Online

UMKM Berkembang Dengan Bisnis Online


Peluang bisnis secara online saat ini memang sangat menjanjikan. Selain itu Jangkauan wilayah konsumen pun tidak terbatas. Sehingga pelaku usaha dimanapun dan kapanpun dapat mempromosikan produk yang dimiliki.

Bagi pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM), mengembangkan bisnis secara online bisa dijadikan alternatif untuk mengembangkan usaha yang dimiliki. Tekat untuk turut berperan dalam mengembangkan UMKM di Indonesia, sepertinya juga menjadi prioritas Tokopedia, sebuah Mall Online terbesar di Indonesia.

Leontinus Alpha Edison COO Tokopedia mengatakan, jumlah UMKM yang ada di Indonesia sangat banyak. Pihaknya berkeinginan turut berperan dalam memajukan UMKM yang ada dan berkembang melalui jual beli secara online. Dengan menggelar roadshow bertajuk 'Tokopedia Roadshow 2014' dengan tema The Rise of The Internet Generation, pihaknya yakin akan mampu memfasilitasi UMKM dengan sebuah tempat untuk bisnis secara online.

"Tokopedia Roadshow digelar di 9 kota di Indonesia yaitu Bandung, Bogor, Depok, Bekasi, Tangerang, Medan, Yogyakarta, Semarang dan Surabaya. Sasaran utamanya yaitu UMKM yang ada di daerah-daerah agar mampu berkembang dengan bisnis secara online," kata Leontinus Alpha Edison kepada wartawan, Kamis (27/11/2014) di Surabaya.

Dia menambahkan, roadshow yang dilakukan, di setiap kotanya akan dikemas dengan temu Toppers (member Tokopedia--red), Tokopedia Goes To Campus dan Shooting Seller Story. Temu Toppers merupakan forum rutin dwi mingguan yang mempertemuka penjual dan pembeli Tokopedia untuk berdiskusi secara langsung mengenai dunia internet , e-commerce serta membahas fitur-fitur yang dimiliki Tokopedia.

"Dalam temu Toppers, kami menerima saran untuk pengembangan fitur Tokopedia yang lebih baik dari setiap peserta. Selain itu Tokopedia juga mengajak UMKM Lokal yang belum menjadi pengguna Tokopedia, agar mereka bersemangat dan yakin untuk memulai bisnis mereka secara online," ujarnya.

Acara Tokopedia Goes To Campus, kata Leon, merupakan seminar yang ditujukan untuk mahasiswa di salah satu Universitas terbaik di luar area Jabodetabek dengan tema Enterpreneurship di bidang Tekhnologi.

Selain itu, ditambah lagi shooting video Seller Story, Kemasan Seller Story khusus ditujukan untuk seller di Tokopedia yang memiliki produk unik, maupun pengalaman berbeda berjualan melalui Tokopedia yang membawanya kepada kesuksesan.

"Kami berharap proses edukasi yang dilakukan melalui kegiatan Tokopedia Roadshow ini berdampak baik. Misalnya saja untuk para UMKM yang belum membangun bisnis mereka secara online, berani memanfaatkan peluang di dunia online setelah mengikuti temu Toopers. Untuk mahasiswa para peserta seminar, kami berharap mereka terinspirasi dan bersemangat untuk mewujudkan mimpinya," kata Leon.

Dia menambahkan, selain untuk lebih mendekatkan diri kepada pengguna Tokopedia diluar daerah Jakarta, kegiatan ini juga merupakan wujud tanggung jawab perusahaan untuk melakukan proses edukasi mengenai industry internet kepada masyarakat luas, yang sangat sesuai dengan visi Tokopedia, membangun Indonesia yang lebih baik lewat Internet.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar