Selasa, 23 Desember 2014

Membangun Bisnis Harus Punya Ketertarikan

BANYAK pilihan dalam bisnis menjadikan orang hanya melihat dan mementingkan intuisi mereka akan adanya sebuah kesempatan (opportunity).

Pendiri PT YOT Nusantara, Billy Boen mengungkapkan, dalam membangun bisnis yang perlu diperhatikan adalah ketertarikan (passion) pada produk atau jasa yang dipasarkan.

"Kita harus tahu dulu, bahwa kalau buat memulai bisnis lihat dari passion kita bukan opportunity. Kalau tidak punya passion dalam bisnis tersebut jangan coba-coba," ujarnya, dalam Entrepreneur Forum Discussion yang diselenggarajan Sindo Weekly.

"Misalnya, banyak yang startup dia jualan pulsa karena melihat yang lain laku luar biasa. Lalu, bikin sama persis di sebelahnya. Ini karena melihat peluang saja," lanjutnya.

Dia menjelaskan dari beberapa produk yang sama hanya sedikit yang sukses karena mereka memiliki ketertarikan dalam bisnis tersebut.

"Kalau lihat di sekitar monas, penjual hanya ada bakso sama soto mie, yang laris paling hanya satu atau dua saja. Karena mereka lihat dari peluang dan ikutan. Kita harus melihat passion apa yang kita tertarik dan mahir," jelasnya.

Dia menyebutkan, terdapat beberapa keuntungan jika memulai bisnis dengan faktor ketertarikan yang kuat.

"Kalau lagi down bisa tidak give up. Karena kalau kita lihat pertama dari dirinya sudah tertarik, pilih industri yang kita suka," terang Billy.

"Semua orang juga punya kelemahan tetapi harus disadari. Kalau tidak tahu kelemahan secara psikologis tidak bisa memperbaiki," tandasnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar